Selasa, 15 Januari 2013

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


Desain pemodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya. Pemodelan adalah proses membentuk sketsa kasar suatu object yang nantinya akan dibuat dan di desain sehingga terlihat seperti hidup dimana pengerjaannya dilakukan di komputer.
Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri di bidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara. Istilah komputer grafik banyak digunakan pada berbagai jenis teknologi yang digunakan untuk membuat manipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan, representasi dan manipulasi data citra oleh komputer.
Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, koran, dan lain-lain. Selain itu, grafis yang dibuat dengan baik dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis, serta tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat lunak tersebut dikategorikan menjadi 3, yaitu untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat, yang banyak digunakan adalah perangkat 3D. Tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D.
Aspek yang harus diperhatikan bila membangun object adalah metode untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan object, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti object apa yang ingin dibentuk sebagai object dasar, metode pemodelan object 3D, pencahayaan dan animasi gerakan object sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Yang berkaitan dengan grafik komputer, yaitu :
  1.  modelan Geometris : menciptakan model matematika dari object-object 2D dan 3D.
  2.  Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  3. Animasi : menetapkan kembali tingkah laku object bergantung waktu.

 MOTION CAPTURE/MODEL 2D

Model ini merupakan object gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik, sebagai contoh gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang dignakan hanya untuk mencetak dan mengambar seperti tipografi, gambar, kartun, iklan, poster, dan lain sebagainya.

DASAR METODE MODELING 3D

Merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perpektif dengan cara matematis dalam melihat suatu object, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata.
Metode yang digunakan untuk pemodelan 3D diantaranya seperti nurbs dan polygon ataupun subdivision.

ANIMASI KOMUTER

Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya digunakan dalam film animasi berbudget besar. Tapi, film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini.

a)  PROSES RENDERING

Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.

b)  TEXTURING

Proses ini merupakan untuk menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparancy, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan atau kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.

c)  IMAGE DAN DISPLAY

Merupakan hasil akhir dari pemodelan. Biasanya object pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap texturing pemodelan. Dalam tahap display, menampilkan sebuah batch render, yaitu pemodelan yang dibangun, dilihat, dan dijalankan dengan tool animasi.

d)  PIXEL ART

Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster dimana gambar akan di edit pada tingkat pixel. Pixel art dapat digunakan pada komputer atau game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.

e)  VECTOR GRAPHICS

Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun yang dihasilkan tetap (tidak blur atau pecah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar