Desain pemodelan grafik sangat
berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya. Pemodelan adalah proses
membentuk sketsa kasar suatu object yang nantinya akan dibuat dan di desain
sehingga terlihat seperti hidup dimana pengerjaannya dilakukan di komputer.
Perkembangan komputer grafis
memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi
industri di bidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah
digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer
yang bukan berupa teks atau suara. Istilah komputer grafik banyak digunakan
pada berbagai jenis teknologi yang digunakan untuk membuat manipulasi gambar
pada gambar yang dihasilkan, representasi dan manipulasi data citra oleh komputer.
Citra komputer grafik dapat
ditemukan di televisi, koran, dan lain-lain. Selain itu, grafis yang dibuat
dengan baik dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis, serta tugas
makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang
diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat lunak
tersebut dikategorikan menjadi 3, yaitu untuk 2D, 3D, dan animasi grafis.
Karena teknologi berkembang pesat, yang banyak digunakan adalah perangkat 3D.
Tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D.
Aspek yang harus diperhatikan
bila membangun object adalah metode untuk mendapatkan atau membuat data yang
mendeskripsikan object, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan
biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses 3D
membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk
pembentukannya. Seperti object apa yang ingin dibentuk sebagai object dasar,
metode pemodelan object 3D, pencahayaan dan animasi gerakan object sesuai
dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Yang berkaitan dengan grafik
komputer, yaitu :
- modelan Geometris : menciptakan model matematika dari object-object 2D dan 3D.
- Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi : menetapkan kembali tingkah laku object bergantung waktu.
MOTION CAPTURE/MODEL 2D
Model ini
merupakan object gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik,
sebagai contoh gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran, dan sebagainya.
Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang dignakan hanya untuk
mencetak dan mengambar seperti tipografi, gambar, kartun, iklan, poster, dan
lain sebagainya.DASAR METODE MODELING 3D
Merupakan suatu
grafis yang menggunakan 3 titik perpektif dengan cara matematis dalam melihat
suatu object, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata.
Metode yang
digunakan untuk pemodelan 3D diantaranya seperti nurbs dan polygon ataupun
subdivision.
ANIMASI KOMUTER
Animasi komputer
adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya digunakan dalam
film animasi berbudget besar. Tapi, film non animasi juga banyak yang
menggunakan teknik ini.
a) PROSES RENDERING
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses
modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan
diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
b) TEXTURING
Proses ini merupakan untuk menentukan karakteristik
sebuah materi object dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa
digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparancy, dan
refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi
warna pattern, tingkat kehalusan atau kekasaran sebuah lapisan object secara
lebih detail.
c) IMAGE DAN DISPLAY
Merupakan hasil akhir dari pemodelan. Biasanya object
pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi
pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap texturing
pemodelan. Dalam tahap display, menampilkan sebuah batch render, yaitu
pemodelan yang dibangun, dilihat, dan dijalankan dengan tool animasi.
d) PIXEL ART
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital yang
diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster dimana gambar akan
di edit pada tingkat pixel. Pixel art dapat digunakan pada komputer atau game
yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
e) VECTOR GRAPHICS
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi
dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah resolusi
berapapun dan tingkat pembesaran apapun yang dihasilkan tetap (tidak blur atau
pecah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar